Sabtu, 12 April 2014

Kepemimpinan

Posted by trisna widyaningtyas at 02.02
         Menurut buku Manajemen Waktu Berbasis Sekolah "kepemimpinan berarti proses mempengaruhi atau memberi contoh oleh pemimpin kepada pengikutnya.dalam upaya mencapai tujuan dalam organisasi.
Ada pula sumber lain yang menyebutkan bahwa kepemimpinan adau disebut juga dengan leadership adalah kemampuan seseorang untuk mempengaruhi orang lain untuk bekerja sama sesuai dengan rencana untuk mencapai tujuan  yang telah ditettapkan sebelumnya.Dari kedua pengertian tersebut diketahui bahwa pada intinya kepemimpinan digunakan sebagai sarana untuk mencapai tujuan sehingga kepemimpinan memegang peranan yang sangant penting dalam manajemen,bahkan dikatakan kepemimpinan adalah inti dari manajemen.

         Bila dikaitkan dengan organisasi ,kepemimpinan dapat berarti  tentang kepercayaan diri dan pengambilan keputusan.Cara berfikir dan bertindak sebagai pemimpin dalam organisasi harus membuat orang memandang dan percaya pada seseorang dengan kemampuan yang dia miliki.Sehingga orang tersebut dapat mempengaruhi orang lain dengan kemampuan yang dia miliki untuk mencapai tujuan yang hendak dicapai.

          Sikap kepemimpinan dirasa sangat perlu karena setiap manusia berbeda.Tuhan menciptakan manusia dengan berbeda - beda.Mislanya dalam sifat ,perilaku,watak fisik dan lain sebaginya.Dengan perbedaan tersebut tentu akan menciptkan pemenuhan kebutuhan hidup yang berbeda pula.Dengan kebutuhan hidup yang berbeda tersebut memungkinkan terjadi persinggungan kebutuhan antara orang satu dengan orang lain.
Bila persinggungan tersebut hanya antara satu atau dua orang tentu tidak akan berdampak bagi umum.Namun bila persinggungan kebutuhan tersebut terjadi di suatu masyarakat dengan kapasitas jumlah orang yang banyak tentu akan merugikan orang yang lemah ,perkumpulan masyarakat yang kecil keadaan seperti ini  tentu akan berdampak bruk bagi masyarakat itu sendiri.
Sehingga diperlukan seorang yang mampu mengatur ,mengendalikan kesewenang - wenangan untuk mencapai keadilan bagi umum.Dengan adanya seorang pemimpin masyarakat dapat tertata ,kepentingan - kepentingan yang saling bersinggungan dapat dihambat dengan adnya mperaturan - peraturan yang dapat menciptakan keadilan.Sehingga peran dari seorang pemimpin dirasa sangat perlu dalam suatu masyarakat.
     
          Namun seorang pemimpin tidak sebegitu mudah menjadi seorang pemimpin ,dia harus seorang yang mampu memimpin orang banyak ,menyeragamkan menyatukan perbedaan untuk menjadi kemanfaatan bagi semua orang.Selain itu juga ada istilah.Primus Interpares  yang menunjuk kepada seorang pemimpin..
Bila kita mengembalikan keadaan menjadikan suatu masyarakat tanpa pemimpin tentu kekacauan ,ketidakadilan menimpa umat manusia.

         Dewasa ini jiwa kepemimpinan memang dirasa perlu tidak hanya bagi Primus Interpares  namun juga bagi masyarakat umum.Globalisasi ,dan semakin tua usia bumi ini menyebabkan jauhnya harapan dari kehidupan yang dapat memberikan kenyamanan bagi semua rang yang hidup didalamunya.Bila kita memiliki jiwa kepemimpinan tentu kita dapat menjadi Primus Interpares  bagi diri kita sendiri.Dapat memfilter mana yang sekiranya baik dan tidak.Mengendalikan dari sifat tamak dan serakah akan kenikmatan dunia yang fana ini.

       Jiwa kepemimpinan juga erat kaitanya dengan kehidupan dalam organisasi ,dunia kerja karena jiwa kepemimpnan diperlukan saat kita dihadapkan dengan orang banyak ,dihadapkan akan seseatu hal yang mungkin jauh dari harapan.Sehingga jiwa kepemimpinan dapat dikatakan sebagai manajemen terhadap hati ,pikiran dan tindakan manusia.
 

my words | Trisna Widyaningtyas | Instagram | Privacy Policy