Selasa, 04 Maret 2014

Tanah Longsor & Banjir Pujon

Posted by trisna widyaningtyas at 08.46

Indonesia memang lagi dilanda duka.Beberapa daerah di Indonesia kena bencana alam.Misalnya saja di Jakarta dengan banjirnya ,Jombang dengan tanah longsornya.Beberapa bencana alam tersebut terjadi akibat curah hujan yang tinggi guys.Namun faktor alam juga tidak dapat disalahkan ,sikap manusia juga harus diperhatikan dengan adanya berbagai bencana tersebut.



Gak cuma dua daerah itu aja yang terkena bencana daerah Pujon ,Kab.Malang juga terkena tanah longsor.Nah kemarin tanpa trisna ketahui,trisna pulang dari Malang ke Blitar lewat jalur Ngantang.Sebenernya udah ada pemberitahuan kalo jalan ke Kediri ama Jombang  ditutup.Karna trisna mau ke Blitar bukan Kediri so kita memastikan buat tanya sama Pak Polisi dan katanya boleh lewat.Yang gak boleh itu mobil truk pokok  mobil gede – gede lahh
Awalnya trisna juga gak tau kalo daerah pujon longsor.. and finally ketika setengah jalan jalan jadi macet soalnya jalanya longsor sampe setengah bibir aspal ,alhasil Cuma make setengah jalan.. Gak Cuma itu setelah beberapa meter banyak kerumunan orang yang melihat ke sungai ternyata ada mesin traktor yang jatuh ke bawah sungai .Bayangin aja gimama derasnya arus sampe bisa bawa longsor.

Traktor terlihat di sungai (warna kuning )

Dan yang perlu kalian tau guys kalo supir traktor ni menghilang dan sampai pada hari sabtu 1 Februari belum bisa diketumukan
Arus deras sungai juga menyebabkan banjir beberapa rumah warga yang dekat dengan aliran sungai.Gak Cuma lahan pertanian yang tergerus banjir bandang  tapi beberpa rumah ,dan jembatan juga ikut tergerus oleh derasnya aliran sungai.

Jembatan ambrol tergerus banjir bandang 




Di sebelah kanan jalan(kalo kita perjalanan dari arah malang ngantang ) terlihat longsoran tanah dan beberpa pohon yang tumbang jatuh sampai ke jalan raya.




Jajaran polisi ,satganas dan TNI juga dikerahkan untuk membantu lalu lintas dan evakuasi warga sekitar lho guys.Selain itu para warga juga gotong royong buat bersihin badan jalan yang masih tertimbun longsor .


Banjir dan tanah laongsor ini bener – bener ngrugiin warga lho guys ,pertama nih arus transpotasi jadi terganggu ,hasil pertanian juga hilang kerseret arus,beberapa bangunan juga rusakk dan tentu masih banyak kerugian yang gak bisa disebutin satu persatu.

Bencana alam emang gak bisa diprediksi dengan tepat kapan datangnya guys ,tetapi kita sebagai manusia juga harus menjaga sikap kita buat sadar lingkuangan ,karna kalo kita bisa menjaga alam ,alam tentu juga akan memberi keuntungan.

Salah satu cara yang paling sederhana adalah buang sampah ke tempatnya,hal sederhana kayag gitu udah bisa mencegah timbulnya bencana banjir.. So let’s caring our environmentalist and see the benefit of it ;)


 

my words | Trisna Widyaningtyas | Instagram | Privacy Policy