Selasa, 19 Maret 2013

Transportasi Menuju Universitas Brawijaya Malang: Bandara, Stasiun dan Terminal

Posted by trisna widyaningtyas at 01.12

Hallo guys,  kali ini trisna akan membahas Kota Malang, pasti kalian sudah gak asing lagi khan ya hehe. Secara administratisi, Malang dibedakan terbagi menjadi Kabupaten Malang dan Kota Malang. Nah untuk kali ini trisna akan membahas Kota Malang, karena di Kota Malang ini terdapat salah satu Universitas yang sangat terkenal yakni Universitas Brawijaya (UB).

Nah untuk kalian yang belum pernah ke Malang, dan bingung bagaimana cara untuk bisa ke Malang, khusnya ke Pusat Kota yang dekat dengan Universitas Brawijaya. Trisna akan kasih beberapa pilihan akomodasi biar kalian lebih mudah akesenya.

A. Kereta Api🚆

1. Dimanakah Statiun terdekat dengan UB atau pusat Kota Malang ?
Jika menggunakan kereta untuk ke Malang, kalian bisa berhenti di Stasiun Malang Kota Baru untuk mencapai pusat Kota Malang. Tapi kalo ingin berkeliling di Malang dengan nuansa oldnya bisa turun dekat Malang Kota Baru. 
2. Bagaimana cara untuk menuju ke dearah sekitar UB dari Statiun Kota Baru?
Setelah turun  di Kota Baru, kalian bisa menggunakan transportasi umum menuju Universitas Brawijaya. Seperti taksi dan transportasi lokal seperti AL (Arjosari –Landungsari) dan ADL (Arjosari-Dinoyo -Landungsari). Jika anda menggunakan angkot AL, minta sopirnya untuk turun di (UB) atau tepatnya di gerbang Kedokteran Universitas Brawijaya di jalan Veteran. Jika anda menggunakan angkot ADL anda akan sampai di gerbang Ekonomi Universitas Brawijaya di jalan MT.Haryono (bisa infokan ke abangnya minta turun di UB). 
3. Bagaimana jika turun di Statiun Kota Lama dan ingin ke daerah sekitar UB?

Nah kalo kalian ingin menikmati kawasan Malang dengan turun di Stasiun Kota Lama itu bisa guys, tapi dibutuhkan waktu tempuh dan jarak untuk menuju ke daerah sekitar UB. Selain itu kawasan Kota Lama bisa terbilang daerah macet jadi harus bersabar untuk bisa ke pusat kota. 

4. Apakah jenis transportasi yang bisa digunakan untuk menuju UB dari Stasiun Kota Lama? 

Nah ada tiga jenis transportasi yang bisa kalian pilih, yakni Online Transportasi, Taxi dan Angkutan Umum seperti yang trisna jelaskan di point A.2 diatas ya. Tapi nih guys, perlu diperhatikan karena jarak yang lumayan jauh dari Kota Lama ke UB maka angkutan umum yang kalian gunakan akan lebih lama beroperasi ya bahasanya akan "ngetime" dulu sambil nunggu penumpang penuh baru akan lanjut ke daerah sekitar UB jadi harap bersabar ya. Dan jika kalian akan memilih Taxi Online harap bersabar untuk menununggu orderan, karena nih guys kawasan kota lama ini berbeda dengan kawasan kota baru yang dipenuhi dengan mahasiswa, jadi tidak banyak Taxi Online yang beroperasi baik mobil maupun sepeda (tapi ini pengalaman trisna tahun 2017-2018 ya). Nah kalo milih Taxi nih hemb ya budget juga lebih ya hehe... 

 B. Pesawat Terbang ✈

1. Dimanakah Bandara yang terdekat dengan UB atau pusat Kota Malang ? 

Khusus untuk bandara nih guys, kalian hanya bisa turun di Bandara Abdur Rahman Saleh, Malang. Ini adalah bandara paling dekat dengan UB. Karena jika kalian turun di Juanda, akan membutuhkan perjalanan 97.1 km atau sekitar 1 jam 30 menit untuk sampai ke Kota Malang dengan menggunakan jalan tol. 

2. Apa jenis transportasi yang bisa saya gunakan setelah turun dari stasiun pemberhentian?  

Kalo kalian turun di Bandara Abdur Rahman Saleh, maka hanya ada satu jenis transportasi yang bisa kalian gunakan yakni Transportasi Bandara, Taxi Bandara untuk keluar dari bandara. Untuk taxi online sepertinya hanya bisa beroperasi untuk masuk menurunkan penumpang bukan mengambil penumpang.  

C. Bis 🚌

1. Dimakanah saya harus turun jika menggunakan Bis?

Jika transportasi seperti pesawat dan kereta api tidak memungkinkan untuk pergi ke Malang, kalian masih bisa menggunakan bus, jadi jangan syedih ya. Salah satu terminal yang terbesar dan dekat dengan UB adalah Terminal Arjosari. Ada juga dua terminal yang tidak begitu besar (tidak semua bis melewati jalur ini) tapi dekat dengan UB yaitu, Terminal Landungsari dan Terminal Gadang. 

2. Apa jenis transportasi yang bisa saya gunakan setelah turun dari stasiun pemberhentian?  

Jika kalian turun di terminal bis, jenis transportasi yang bisa kalian gunakan untuk menuju UB adalah taxi, online taxi dan angkutan umum. Untuk jenis angkutan umum kalian bisa meruju di point A.2. 


Jadi guys nih, udah ada gambaran khan ya kalian bakal naik apa dan turun dimana. Saran dari trisna nih kalo kalian baru aja ke Malang untuk pertama kalinya dan menggunakan public transportasi trisna akan kasih beberapa saran: 

  1. Pastikan jenis transportasi apa yang kalian gunakan.
  2. Dimanakah kalian akan turun setelah sampai di Malang. 
  3. Transportasi apa yang kalian akan gunakan menuju ke UB. 
  4. Bawa uang tunai secukupnya. 
  5. Batere hp tidak lowbad. 
  6. Jika menggunakan taxi online, pastikan sudah instal Aplikasi sebelum pemesanan. 
  7. Jika menggunakan taxi online, ketahui titik penjemputan di sekitar lokasi. 
  8. Hati - hati terhadap barang bawaan.

Semoga info ini bermanfaat ya guys, see u in next blog :-). Silahkan tanya di comment jika kalian bingung. 

 

my words | Trisna Widyaningtyas | Instagram | Privacy Policy